RSS

Claustrophobia 'Squidward'




Ingatkah anda saat episode Spongebob tentang sumur harapan ? Waktu itu Spongebob, Patrick, dan Squidward sedang terjebak di sebuah sumur buatan Spongebob dan Patrick atas perintah Tuan Crab. Saat Patrick mengajak Squidward bermain, Squidward menolaknya dan berkata bahwa ia adalah seorang Claustrophobia. Patrick tidak mengerti, dan sponge menjelaskan dengan asal-asalan bahwa squid takut kepada santa claus, padahal itu tidak ada hubungannya sama sekali.

Benjamin Ball memperkenalkan istilah "claustrophobia"  dalam bidang semiologi psikiatri pada tahun 1879. Hal ini berasal dari bahasa Latin claustrum (tempat tertutup) dan Phobos Yunani (takut). Claustrophobia didefinisikan sebagai takut ruang tertutup. Dihadapkan dengan ketidakmungkinan melarikan diri, orang yang menderita rasa takut klaustrofobia akan merasa tercekik, hancur, dan kehilangan kesadaran atau kehilangan kendali atas tindakannya/otot sfingternya. Untuk menghindari phobia ini penderita biasanya menghindari ruang sempit dan memilihkebiasaan yang menurut mereka aman, seperti membuka jendela atau duduk di dekat pintu ke luar. Cara ini membuat mereka bisa menoleransi situasi, tapi tidak akan meredakan ketakutan.

Jadi Claustrophobia bukanlah phobia terhadap Santa Claus seperti yang dikatakan Spongebob, melainkan phobia terhadap ruangan tertutup.
  
Dari berbagai sumber.

0 komentar:

Posting Komentar