RSS

Kutil dan ngutil, dua kata ini memang sekilas memiliki arti yang sama. Mungkin sebagian orang menganggap enteng dua kata ini, namun sesungguhnya kedua kata ini memiliki arti yang sangat berbeda. Mari kita bahas perbedaan kedua kata ini.


Arti kutil

Kutil termasuk penyakit infeksi. Biangnya tidak tanggung-tanggung, virus human papilloma. Walaupun terkesan seram, virus ini tidak menyebabkan sesuatu yang serius, ‘hanya’ benjolan-benjolan kecil dengan permukaan kasar yang tumbuh di kulit.

Virus human papilloma pada dasarnya dapat menginfeksi permukaan tubuh mana saja. Walaupun demikian, virus ini lebih menyukai bagian yang tubuh yang hangat dan lembab, misalnya luka atau goresan kecil di jari, tangan, atau kaki.

Kutil biasanya tidak hanya satu, tapi tumbuh di beberapa tempat. Gejala yang dirasakan hampir tidak ada. Perkecualian untuk kutil yang menyerang telapak kaki, kutil ini dapat menimbulkan nyeri.
 
Pengobatan dilakukan jika kutil menimbulkan rasa nyeri atau tidak nyaman, atau telah mengganggu aktifitas. Ada beberapa cara untuk menghilangkan kutil, yaitu :
  1. Menggunakan obat yang mengandung asam salisilat. Caranya adalah dengan mengoleskan atau meneteskanya di permukaan kutil.
  2. Membakar kutil dengan alat yang dialiri listrik (electrocauter).
  3. Membekukan kutil dengan nitrogen cair (cryosurgery).
  4. Mengangkat kutil dengan sinar laser.



Arti Ngutil
 
Ngutil merupakan istilah yang digunakan oleh orang-orang untuk menggambarkan suatu proses yang dilakukan oleh seorang individu maupun kelompok dalam mengambil barang-barang yang diperdagangkan tanpa sepengetahuan penjual atau pemilik dari barang yang diperdagangkan tersebut, namun dalam jumlah yang tidak begitu banyak. Ngutil biasanya terjadi di swalayan, warung dan pasar. 


Jadi semuanya sudah jelas perbedaan antara KUTIL dan NGUTIL.


Dari berbagai sumber.